Jakarta – Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN) melalui Direktorat Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) menargetkan destinasi wisata di kawasan IKN bisa disetujui dan direncanakan sebelum akhir tahun 2024.

Direktur Budparekraf IKN, Muhsin Palinrungi mengatakan, hal ini merupakan langkah penting numerounosantaclarita.com menjelang pelaksanaan pameran pariwisata yang merupakan ajang besar yang berupaya untuk memajukan dan mengembangkan sektor pariwisata ‘IKN, dengan menghadirkan kekayaan dan kekuatan negara. . pariwisata. Oleh karena itu, lanjut Muhsin, hal ini akan menimbulkan minat khususnya terhadap budaya kuliner, pariwisata, dan akses wisata di kawasan ibu kota baru.

“Agar pariwisata berkelanjutan dapat meningkatkan perekonomian negara khususnya di wilayah IKN,” kata Muhsin dalam keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024). Terkait wisata di kawasan IKN, Kepala Daerah Samboja Barat Kutai Kartanegara, Burhanuddin menyoroti keberadaan wisata bernama Patin Wisambar di daerahnya, menandakan pariwisata bisa diciptakan menarik.

Wisata ini merupakan contoh pariwisata baru dan modern yang dirancang untuk meningkatkan keindahan kawasan. Hal ini dicapai melalui kolaborasi antara pemerintah daerah dan pengelola pariwisata, menciptakan kemitraan yang meningkatkan pengalaman pariwisata.

Tempat wisata di kawasan ini menawarkan beragam pengalaman antara lain Thistle Fishing, Batu Wall, Lamin Etam Ambors, Agrowisata Lau Kawar, Ambora Resort, Bukit Bangkirai dan pesona Pantai Salok Api Laut, melalui pantai Ambalat dan taman Ambalat.