Jakarta – Portugal mengalahkan Swedia 5-2 dalam laga persahabatan, Jumat (22/3/2024) dini hari WIB. Hasil tersebut memperpanjang rekor kemenangan beruntun mereka menjadi 11 kali berturut-turut jelang Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman mulai Juni mendatang.

Laga ini menjadi ujian berharga bagi Portugal, apalagi manajer Roberto Martinez memilih premierexxi.com mengistirahatkan Cristiano Ronaldo dan banyak pemain kunci lainnya. Namun, hal tersebut tidak menghalangi Portugal untuk mendominasi lapangan.

Martinez, yang membawa Portugal ke Euro 2024 setelah memenangkan seluruh 10 pertandingan kualifikasi, menyebut pertandingan melawan Swedia sebagai ujian penting bagi timnya.

“Swedia mempunyai striker yang bagus. “Kami menguji pemikiran defensif kami dan itu adalah pengalaman yang bagus,” kata Martinez kepada wartawan usai pertandingan.

Portugal mengawali pertandingan dengan cepat, membuka keunggulan tiga gol di babak pertama. Rafael Leao, Matheus Nunes dan Bruno Fernandes menjadi pahlawan Selecçao das Quinas dengan mencantumkan nama mereka di logo.

Leao membuka keunggulan pada menit ke-24 lewat tembakannya yang membobol gawang, disusul Nunes yang menggandakan keunggulan melalui kill mendatar pada menit ke-33. Fernandes mengakhiri selebrasi gol babak pertama dengan hat-trick Nelson Semedo.

Swedia berhasil memperkecil defisit berkat gol Viktor Gyökeres dan Gustaf Nilsson, namun Portugal tetap bertahan. Sumbangan Bruma dan Goncalo Ramos membuat skor akhir menjadi 5-2.

Portugal tak hanya mencatatkan poin di papan skor, tapi juga membangun fondasi kepercayaan diri dan energi jelang Euro 2024. Kemenangan ini menunjukkan bahwa Portugal siap menghadapi tantangan terbesar di sepakbola Eropa.